Narrative Text Rapunzel And Generic Structure

Narrative Text Rapunzel And Generic Structure – Tangled dirilis pada tahun 2010 oleh Walt Disney Animation Studios. Tangled adalah versi Disney dari kisah lama Rapunzel. Di Tangled Rapunzel adalah seorang gadis dengan rambut ajaib yang dapat menyembuhkan dan menyebabkan hilangnya kemudaan ketika dia bernyanyi. Karena sihirnya seperti rambut Rapunzel, dia tidak bisa memotongnya. Rapunzel juga seorang putri yang dicuri dari raja dan ratu oleh seorang wanita tua yang menipu Rapunzel agar percaya bahwa dia adalah ibu kandungnya dan menyembunyikannya di sebuah menara yang jauh dari dunia. Rapunzel menghabiskan hidupnya terperangkap di menara sampai ulang tahunnya yang ke-18 ketika dia meminta bantuan Flynn Rider, yang tersandung kastil saat mencoba melarikan diri dari Royal Guard. Mereka meninggalkan menara dengan kesepakatan, jika Rider membawa Rapunzel untuk melihat lentera mengambang yang muncul di hari ulang tahunnya dan kemudian membawanya kembali ke menara dengan selamat, dia akan mengantongi mahkota dewa. Maka mereka berdua memulai petualangan mereka sambil dikejar oleh seorang ibu palsu yang menginginkan sihir Rapunzel untuk dirinya sendiri, seorang pencuri yang ditinggalkan Rider dan seorang wali yang ingin menangkap Rider dan mengembalikan mahkotanya. Saya akan menengok karakter dan kisah Rapunzel melalui lensa kritikus sastra Marx dan Narratology dalam Tangled, mengkaji dua adegan berbeda dalam film tersebut.

Kritik sastra Marxis adalah pandangan kritis bahwa semua sastra (media) adalah cerminan dari struktur sosial dan budaya saat ini dari mana artikel itu berasal. Marxisme secara umum percaya bahwa ada landasan yang didasarkan pada tulang belulang masyarakat dengan “struktur” yang menopang landasan tersebut. Struktur modern adalah pemerintahan dan kebudayaan yang memelihara pondasi, sedangkan yayasan menyediakan kebutuhan dasar untuk kelangsungan hidupnya.

Narrative Text Rapunzel And Generic Structure

Dari sudut pandang Marxis, Tangled adalah produk dari struktur modern yang mendukung dan mendukung sistem yang dibangunnya. Untuk melihat ini dengan jelas, lihat keseluruhan cerita Tangled. Tangled dibangun di atas masyarakat kapitalis, yang umumnya percaya bahwa terserah individu, bukan masyarakat, untuk meningkatkan status mereka dalam masyarakat itu. Rapunzel di awal film mencoba membuat ibu palsunya mengajaknya melihat lampu, tapi ditembak jatuh. Ini dapat dilihat sebagai satu-satunya daya tarik sosial Rapunzel menjangkau ibu palsunya untuk membantunya keluar dari situasinya saat ini. Rapunzel akhirnya meminta bantuan Thief Rider nanti, tetapi Rider tidak dapat dipercaya pada saat itu di film. Rapunzel dengan meminta Rider mengambil tindakan sendiri untuk memperbaiki situasinya. Ini justru karena Rapunzel ingin memeras Rider untuk membantunya dengan menyembunyikan mahkota yang dia ambil darinya.

See also  The Dog House Megaways Slot

Narrative Text Bahasa Inggris

Struktur tersebut didukung lebih lanjut di salah satu adegan terakhir film (kerusakan yang lebih dalam di bagian depan) di mana Rapunzel membantu Rider setelah dia ditikam oleh ibu palsu. Ada berbagai cara untuk membaca adegan ini, tetapi yang jelas hanya melalui perjuangan tokoh utama dia bisa menang. Ini mendukung gagasan tentang struktur yang hebat bahwa jika dia berusaha cukup keras, bahkan situasi terburuk pun akan berhasil untuknya pada akhirnya. Rapunzel tampaknya kehilangan kekuatannya pada saat itu, tetapi melalui cobaan dan air mata, dia mengatasi untuk mencapai impian barunya, Flynn Rider.

Terlepas dari kritik sastra Marxis, bagaimana dengan melihat Rapunzel melalui lensa naratif. Naratologi berfokus pada studi tentang bagaimana menyajikan dan menceritakan sebuah cerita, yang meningkatkan atau memberi makna baru atau tambahan pada cerita. Naratologi cukup umum karena ada banyak cara untuk mengkaji sebuah cerita dengan cara ini. Dalam kasus film, narator dapat memeriksa dialog tertentu dengan menggunakan informasi yang diterima penonton, bahwa karakter di layar tidak mengetahui struktur cerita yang disajikan (apakah ada kilas balik, dll.) bahkan menggunakan .teknik. Fitur seperti sudut kamera dan pencahayaan dalam film. Kusut soal karakter Rapunzel di film juga bisa dicek dengan frame ini.

Dalam beberapa adegan pertama yang dijelaskan di atas, kita melihat Rapunzel mencoba meyakinkan ibu palsunya bahwa dia sudah cukup umur untuk meninggalkan menara dan melihat lentera yang mengambang. Pemandangannya gelap, bahkan di bawah sinar matahari yang cerah di luar. Dialog dipilih dengan hati-hati antara adegan untuk kedua karakter – Rapunzel menangkap emosi dan logika orang lain sementara ibu palsu mencoba menakut-nakuti Rapunzel dari dunia luar dan membuatnya merasa bersalah, yang ingin meninggalkan ibunya yang bekerja keras untuk mendapatkannya. . Jaga dia dan lindungi dia. Sembari penonton memperhatikan inti Rapunzel selama adegan tersebut, kita juga bisa melihat trik yang dimainkan oleh ibu palsu tersebut karena kita mengetahui dunia luar dari adegan sebelumnya dan kehidupan kita sendiri. Demikian pula, saat Rider ada di adegan berikutnya, kami melihatnya ditarik ke dalam cahaya terang. Meskipun dia adalah seorang pencuri, kita sebagai penonton mendekatinya dan langsung diperlakukan sebagai karakter yang positif. Dia mungkin seorang pencuri, tapi dia setia pada kata-katanya dengan Rapunzel, dan dia setia padanya. Sudut pandang tetap terutama pada Rapunzel, tetapi ada perubahan signifikan dalam adegan ini dan untuk sisa film tentang perspektif Rider dan Rapunzel.

See also  Daftar Rekening Ponsel Cimb Niaga

Melihat adegan terakhir film, Rapunzel ditangkap dan dirantai oleh ibu palsu. Adegan masih diselimuti kegelapan karena Rapunzel dan Rider tampaknya terjebak dalam situasi yang tidak dapat mereka hindari atau kendalikan. Ada cahaya dalam pemandangan, tetapi cahayanya masih tajam dan tidak berwarna. Momen pertama warna hidup yang kita lihat berasal dari keajaiban air mata Rapunzel di luka Rider. Adegan juga dimulai dengan pemandangan Rider bergegas ke menara untuk menyelamatkan Rapunzel, namun saat dia ditusuk, adegan berubah lagi menjadi Rapunzel, mencapai kesepakatan akhir dengan ibu palsu. Patut dicatat bahwa dalam dua adegan ini kita tidak pernah melihat atau mendengar pikiran karakter, semuanya dikatakan karakter lain untuk berbagi adegan itu. Ini tanpa henti di sebagian besar film, dengan pengecualian menceritakan kisah Penunggang kepada penonton di awal dan akhir, dan awal lagu Rapunzel saat dia melihat cahaya dan tambahannya pada narasi berakhir. Maksud Narratology adalah untuk fokus pada apa yang diceritakan oleh struktur narasi daripada karakter itu sendiri. Pendongeng sejati akan meninjau apa yang telah saya berikan dan lebih banyak lagi, lalu membandingkan dan membandingkan dengan cerita serupa lainnya untuk menentukan semua pelajaran yang ingin disampaikan oleh pencipta. Kemudian fokusnya adalah pada tujuan cerita dan mengapa dibuat dengan caranya sendiri.

Short, Sue Fairy Tale And Film By Vickyxx2010

Rapunzel di Tangled membantu membawa pahlawan wanita ke depan yang positif. Berfokus pada penceritaan yang cerdas, cerita didistribusikan dengan cara yang menjembatani kesenjangan antara ideologi dan perspektif yang berbeda. Ada kegelapan dan terang karena protagonis dan lawan memiliki karakteristik yang sama yaitu banyak akal, cerdas, kuat, dan feminin. Ini disorot dalam cara Narratology membantu menerangi seluruh film dengan kritik sastra Marx, menambahkan sesuatu yang istimewa untuk dipikirkan oleh penonton Barat. Kompleksitas karakter yang dicontohkan Rapunzel membuatnya kuat sebagai heroine yang penting bagi penonton saat ini.

See also  Demo Slot Mahjong2

Kritik terhadap feminisme adalah bagaimana sastra, atau dalam hal ini film, merongrong penindasan terhadap perempuan. Sebagian besar film Disney didasarkan pada dongeng. Dongeng biasanya tidak feminis. Mereka cenderung berpegang teguh pada gagasan tentang seorang gadis yang jatuh cinta dengan seorang laki-laki. Tangled adalah film tentang seorang gadis bernama Rapunzel yang dipenjara oleh “ibunya” sepanjang hidupnya. Tujuannya adalah untuk melihat lentera yang melayang di langit setiap tahun pada hari ulang tahunnya, serta menjelajahi dunia di sekitarnya.

Ibu Rapunzel sering meninggalkannya sendirian di menara. Suatu hari, seorang pencuri bernama Flynn Rider memasuki menara. Rapunzel menjatuhkan Flynn dengan penggorengan dan mengikatnya untuk menanyainya. Dia juga mengambil mahkota yang baru saja dicuri Flynn. Dia tidak akan mengambil kembali mahkotanya sampai dia membawanya untuk melihat cahaya melayang di langit.

Mengapa Flynn harus laki-laki, mungkinkah perempuan yang membantunya menemukan api yang mengambang? Bisakah dia pergi sendiri? Rapunzel tidak memiliki petualangan atau cerita sendiri. Dia

Bantu Aku Dong Kak Besok Dikumpul Ni Nomor 8 15

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *